Rahasia dan Hikmah Sahur yang Mendatangkan Keberkahan

Rahasia dan Hikmah Sahur
Image from Pixabay – Pexels.com

Puasa merupakan ibadah yang harus dilakukan umat muslim. Sebelum melakukan puasa diharuskan untuk sahur. Sahur ini ternyata bukan sekedar penyiap diri agar kuat menjalani puasa. Namun, sahur juga memiliki makna sendiri.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan mengenai hadis-hadis terkait sahur. Mengutip dari sebuah video dalam Instagram Kajian Ustaz Adi Hidayat, ada hadis yang disebutkan oleh Ustaz Adi Hidayat terkait dengan sahur, yaitu:

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِى السَّحُورِ بَرَكَةً

“Sungguh dalam sahur itu ada keberkahan” (HR Bukhari: 1923 & HR Muslim : 1905)

Ustaz Adi Hidayat pun menjelaskan bahwa sahur bisa memberikan berkah. Sahur semula berasal dari kata sahar. Sahar ini berarti ‘waktu singkat menjelang fajar’. Aktivitas yang dilakukan pada waktu sahar disebut sahur.

“Sahur itu bukan makan. Asal katanya bukan makan, tapi semua aktivitas yang dikerjakan di waktu sahar. Terkait dengan Ramadan, Nabi meminta kita makan dulu. Makannya kerjakan di waktu sahar,” kata Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi pun menjelaskan bahwa waktu sahur yang paling tepat adalah menjelang fajar. Jangan sahur terlalu malam. Misalnya bila pukul 04.35 adalah waktu Subuh, maka Anda sebaiknya sahur pukul 04.00. Pola sahur inilah yang akan memberikan keberkahan.

“Para ulama mengatakan bila sahur dikerjakan dengan benar, maka bisa memberikan energi positif, sehingga bisa menahan lapar haus dan melahirkan energi dalam waktu yang tidak terlampau panjang,” kata Ustaz Adi Hidayat.

Selanjutnya, ia juga mengatakan bahwa orang yang sahurnya berkah, maka pahala yang diberikan akan bertambah. Sementara itu, waktu imsak merupakan waktu fajar atau Subuh dimulai. Jadi, imsak merupakan waktu Subuh penanda puasa telah dimulai.

Penulis: Khairuni Caesario (liputan6.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *