Masyarakat Pulau Madura Antusias Kunjungi Museum Rosululloh Kota Probolinggo

IMG 20201115 WA0010
Terjaga, Surban peninggalan Rosulullah SAW di Museum Rosulullah Probolinggo. Foto : Ahmad Bashori

Bertepatan dengan Hari Santri Nasional pada tanggal 22 Oktober 2020, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin melaunching Museum Rosulullah Kota Probolinggo.

Sejak dilaunching, museum yang berisikan artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya itu, tidak pernah sepi dari para pengunjung, bahkan mayoritas dari luar Probolinggo.

Manager Museum Probolinggo, Deka mengaku tidak menduga antusiasme masyarakat diluar Probolinggo begitu luar biasa terhadap dibukanya Museum Rosulullah.

“Belum satu bulan, tapi alhamdullah antusiasme masyarakat dari hari ke hari semakin baik, awalnya kami mengira pengunjung hanya sekitar tapal kuda Probolinggo, tapi alhamdulillah dari pulau madura setiap hari luar biasa,” jelasnya, Sabtu (14/11/20).

Deka menyampaikan, keaslian benda-benda bersejarah di Museum Rosulullah terjamin kesanad-annya dengan hasil laboratorium yang membuktikan bahwa semuanya merupakan peninggalan Rosululloh.

“Yang ditampilkan adalah benda dari sahabat Rosululloh dan yang melekat di baitullah Masjid Nabawi seperti di Raudoh. Lebih spektakuler lagi adalah benda asli peninggalan Nabi Muhammad SAW, baik yang pernah digunakan beliau ataupun berada di lingkup beliau,” ungkapnya.

Benda tersebut didatangkan dari hasil kerjasama sebuah konsorsium “Indonesia Merindu” dengan pemerintah kota Probolinggo.

“Yakni berasal dari Prof. Abdul Manan Embong Malaysia yang telah meneliti benda-benda tersebut selama 30 tahun,” jelasnya.

Hasan, pengunjung asal Sampang Madura mengaku bersyukur dengan adanya Musim Rosulullah Probolinggo.

“Alhamdulillah meski jauh-jauh dari Sampang, saya sangat bersyukur bisa melihat peninggalan Rosulullah,” ucapnya.

Berikut beberapa potret benda bersejarah yang terdapat di Museum Rosulullah Probolinggo:

IMG 20201115 WA0008
Sandal Rosulullah SAW.
IMG 20201115 WA0007
Rambut Rosulullah SAW.
IMG 20201115 WA0005
Pedang Khalid Bin Walid.

Reporter : Ahmad Bashori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *