Dokumen Kependudukan, Sekarang Bisa Dicetak di Rumah

21 10 20 cetak dokumen
Plh. Kepala Dispendukcapil Sampang, Edi Subinto. Foto : Fahromi N

Di tengah pandemi Covid-19, Masyarakat Sampang bisa mencetak dokumen kependudukan secara mandiri. Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dispendukcapil Sampang, Edi Subinto, Senin (19/10/20) pagi.

Edi Subinto menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin mencetak dokumen kependudukan secara mandiri cukup memberikan alamat  email dan nomor handphone yang aktif.

Setelah proses tersebut selesai, pemohon akan mendapatkan notifikasi dari kementerian dalam negeri (Kemendagri) terkait dokumen kependudukan yang diajukan.

Sehingga dengan demikian masyarakat bisa melakukan pencetakan mandiri, dimanapun dan kapanpun selama mempunyai alat cetak sendiri, dengan menggunakan kertas putih A4 per 80 gram,” tambahnya.

Edi menambahkan, keunggulan dari cetak mandiri adalah dokumen yang sudah ditanda tangani secara elektronik, tidak perlu dilakukan legalisir, sehingga pemohon bisa mencetak dokumen kependudukan sesuai kebutuhan.

Sehingga dia mau mencetak rangkap 10 hingga 20 untuk kepentingannya itu tidak masalah. Saya harap masyarakat mengetahui dan memanfaatkan informasi ini,” tuturnya.

Cetak mandiri ini, lanjut Edi, berlaku untuk semua dokumen kependudukan kecuali Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA). Sebab harus dicetak langsung Dispendukcapil.

“Karena e-KTP dan KIA masih menggunakan blanko security, kalau yang lain seperti Akte, KK, Surat kematian sudah menggunakan kertas putih,” terangnya.

Ditegaskan dia, tidak ada biaya dalam hal ini, masyarakat bisa menyerahkan alamat email dan nomor hp ke Dispendukcapil langsung atau melalui desa maupun kecamatan yang sudah mampu memfasilitasi.

Sementara itu, Zainul Abidin (24), warga Omben yang hendak membuat akte kelahiran anaknya di Dispendukcapil saat itu, mengaku belum mengetahui terkait cetak dokumen mandiri.

Saya belum tahu kalau bisa cetak mandiri, nanti saya akan mencobanya kalau begitu,” katanya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *