Kisah Guru SMP di Sampang Lakukan Aksi Kemanusiaan Bantu OT dan ODGJ

Kisah Guru SMP di Sampang Lakukan Aksi Kemanusiaan Bantu OT dan ODGJ
Guru Olahraga SMPN 5 Sampang Pulau Mandangin, Lakukan Aksi Kemanusiaan

Seorang pria berdarah Sampang, Madura, Jawa Timur Raden Muhammad Syamsul Arifin mendedikasikan diri sebagai relawan untuk membantu orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan Orang Terlantar (OT) di jalan.

Pria ini memandikan hingga memberi makan bahkan rela mengantarkan kembali kerumahnya, lalu menyebarkan video lewat akun Facebook Raden Sarpin dengan harapan agar ODGJ atau OT itu ditemukan pihak keluarga.

Kisah Guru SMP di Sampang Lakukan Aksi Kemanusiaan Bantu OT dan ODGJ
Raden Muhammad Syamsul Arifin dibantu warga terdekat memandikan ODGJ

Syamsul Arifin merupakan warga Jalan Banyu Asih 1 Kelurahan Banyuanyar. Berprofesi sebagai guru, ia selalu meluangkan waktunya menyusuri jalanan di Kota Bahari menggunakan sepeda motor untuk mencari ODGJ atau OT.

Terdorong dari akvititas mulianya, salsabilafm.com mendatangi pria yang akrab disapa Mas Arif itu, untuk mengulik bagaimana ia menangani mereka yang menurut orang lain mengganggu.

Kisah Guru SMP di Sampang Lakukan Aksi Kemanusiaan Bantu OT dan ODGJ
Raden Muhammad Syamsul Arifin (Kiri tanpa masker) tersenyum kepada salsabilafm.com

“Aksi kemanusiaan ini saya lakukan berangkat dari diri sendiri, melihat di Sampang ini banyak Orang Terlantar (OT) dan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), yang tidak terurus,” ujar Arif saat ditemui di rumahnya, Selasa (13/04/2021).

Selain itu, dirinya mengaku terinspirasi dari Channel Youtube yang menayangkan bagaimana melakukan aksi kemanusian, sehingga hatinya tergerak untuk menolong orang yang dianggap masyarakat meresahkan.

Saat ini, ia tengah melakukan penanganan terhadap satu Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sering berada di Pelabuhan Tanglok, Camplong Sampang.

Bersama salah satu Youtuber Jawa Timur Dulur Budiman, ia mengajak ODGJ itu berbincang, dan diketahui berasal dari Pare Kediri bernama Pak Slamet. Sempat kesulitan, ODGJ itu akhirnya mau untuk dipotong rambut dan dimandikan hingga diberi pakaian dan makan.

Kemudian Mas Arif juga telah memulangkan seorang Kakek yang termasuk Orang Terlantar (OT) yang sering berkilaran di sekitaran Kota Sampang.

“Dengan tujuan untuk mencari sampah plastik, yang nanti sebagai biaya untuk membangun rumah, kata Kakek ini, bernama Pak Muna’am berasal dari Omben Sampang,” ucapnya.

“Pak muna’am ini tinggal sendiri dan rumahnya sudah tidak layak huni, ada saudaranya, tapi kehidupannya juga serba dalam kekurangan, sehingga pak Muna’am menjadi tidak terurus,” ucapnya.

Ia berharap ada uluran tangan dari pihak terkait terhadap para ODGJ atau OT ini, dan juga ia ingin dilibatkan dalam setiap pemberian bantuan agar apa yang diberikan bisa tepat sasaran.

“Semoga, terutama tretan madura tergerak untuk peduli kepada orang-orang seperti itu,” pungkasnya. (Abaz)

Leave a Reply

Your email address will not be published.