Kebakaran Pasar Omben, BPBD Sampang Himbau Masyarakat Tidak Bakar Sampah Sembarangan

Kebakaran Pasar Omben, BPBD Sampang Himbau Masyarakat Tidak Bakar Sampah Sembarangan
Petugas pemadam kebakaran di lokasi kebakaran

Belajar dari Kebakaran pasar Omben, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang yang terjadi pada Jum’at (16/4/2021) malam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menghimbau masyarakat tidak membakar sampah sembarangan.

“Kami mohon kepada seluruh warga masyarakat Sampang, tidak hanya di sekitar pasar, menghadapi musim kemarau ini, kalau membakar sampah pastikan di zona aman dan jangan ditinggal,” ungkap Moh. Asroni Kepala BPBD Kabupaten Sampang, Sabtu (17/4/2021) pagi.

BPBD Sampang Himbau Masyarakat Waspada Bencana Saat Peralihan Musim
Moh. Asroni Kepala BPBD Kabupaten Sampang

Karena menurutnya, kebakaran yang terjadi pada pasar Omben karena tumpukan sampah yang berada di belakang pasar dibakar kemudian ditinggalkan sehingga merembet.

“Beruntungnya, masyarakat di sekitar pasar sigap, jadi sebelum Damkar datang, masyarakar dibantu Muspika sudah menyekat agar api tidak menyebar ke kios pasar,” ucapnya.

Sekali lagi ia memohon kepada semua masyarakat Sampang jika membakar Sampah untuk memastikan di tempat yang aman. Serta menyarankan agar masyarakat tidak membakar Sampah memasuki musim kemarau ini.

Masyarakat diminta untuk membuang sampah pada tempat pembuangan sementara (TPS), biarlah petugas yang membersihkan sampah-sampah tersebut.

“Kejadian di omben ini walaupun tidak sampai ada korban jiwa, tetapi ada kios yang hampir terbakar antara lain kios gilangan tepung, kopi dan tempat penjualan ikan,” jelasnya.

“Tetapi jika tidak diantisipasi segera, bisa menimbulkan bahaya yang besar. Jadi kita semua saling menjaga, saling mengingatkan untuk berhati-hati jika membakar, waspada kecepatan angin yang dapat menyulut api,” pungkasnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *