Gerakan Pramuka Kwarcab Sampang Gelar Donor Darah Peringati HUT ke- 60

Gerakan Pramuka Kwarcab Sampang Gelar Donor Darah Peringati HUT ke- 60
Berbagai elemen masyarakat turut serta mendonor di Pendopo Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Senin (9/8/2021).

Kwartir Cabang (Kwarcab) Praja Muda Karana (Pramuka) Kabupaten Sampang bergerak mengajak semua elemen masyarakat setempat untuk melakukan donor darah, Senin (9/8/2021) pagi.

Bertempat di aula Wakil Bupati Sampang Jalan Trunojoyo, aksi sosial tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka yang ke 60 tahun 2021.

“Ini adalah salah satu rangkaian kegiatan dari HUT Pramuka yang ke- 60 tahun 2021. Dalam pelaksanaannya kami bersama Palang Merah Indonesia (PMI),” kata Herman Efendi, Ketua Pelaksana HUT Pramuka ke- 60.

Efendi menjelaskan, peserta donor darah tidak terbatas, mulai Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota Pramuka, dan elemen masyarakat Sampang lainnya.

Secara teknis, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pendonor, seperti tensi darah normal, kadar kolesterol tidak terlampau tinggi, dan dalam keadaan sehat.

“Intinya pendonor harus sehat lahir dan batin,” ucapnya menjelaskan kepada salsabilafm.com.

Ditambahkan, kegiatan ini memang rutin diadakan menyambut HUT Pramuka setiap tahunnya. “Alhamdulillah tahun lalu ada sekitar 100 pendonor, semoga tahun ini bisa lebih,” harapnya.

Ikhsan (38) salah satu warga Plakaran Sampang mengaku tergerak untuk turut serta mendonor. Selain dengan niat membantu sesama, donor darah juga dapat memelihara kesehatan tubuh.

“Ini kali pertama saya donor, mulanya sempat takut, tapi ternyata tidak sakit. Jadi masyarakat tidak perlu takut untuk donor, bagus malah untuk kesehatan,” ungkapnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.