Dishub Sampang Buat Sistem Pengawasan PJU Berbasis Teknologi

Dishub Sampang Buat Sistem Pengawasan PJU Berbasis Teknologi
Potret deretan PJU di tengah arus lalulintas kenderaan di Kabupaten Sampang, Senin (29/11) sore.

Berbagai inovasi terus dilakukan Pemerintah Daerah melalui Dishub Kabupaten Sampang. Salah satunya, membuat sitem pengawasan lampu penerangan jalan umum (PJU) berbasis teknologi melalui program smart PJU.

Kasi Teknik Sarana Prasarana Dishub Sampang Hery Budiyanto menyampaikan, pemeliharaan lampu PJU bisa dikontrol dari jarak jauh melalui perangkat yang telah disiapkan institusinya.

“Mempercepat penanganan saat diketahui kondisi PJU sedang bermasalah. Kami tidak merombak kWh atau pasang baru, tapi pasang alat pendeteksi,” ucapnya, senin,(29/11/2021).

Ia menjelaskan, smart PJU adalah sebuah sistem yang memonitor dan mengatur lampu-lampu penerangan jalan umum (PJU) dalam satu lokasi tertentu secara nirkabel (wireless).

“Monitoring dan pengaturan lampu-lampu PJU tersebut bisa dilakukan menggunakan komputer atau laptop, juga bisa melalui gawai (smartphone andorid) melalui jaringan GSM (3G dan 4G) ” ujarnya.

Hery mengatakan, Manfaat utama dari smart system Penerangan Jalan Umum adalah penghematan biaya, baik itu penghematan biaya listrik dan juga penghematan biaya perawatan lampu-lampu PJU itu sendiri. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *