Berstatus penyintas, Bupati Sampang Belum Bisa Disuntik Vaksin Covid-19

Berstatus penyintas Covid-19, Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi belum bisa disuntik vaksin pada Launching Vaksin Covid-19 yang digelar di Pendopo Trunojoyo Sampang, Kamis (28/1/2021).

Penyintas adalah orang yang pernah terpapar virus corona atau pasien positif Covid-19 yang telah berhasil sembuh dari penyakitnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang Agus Mulyadi mengatakan bahwa untuk saat ini Bupati Sampang belum bisa disuntik Vaksin karena berstatus penyintas.

Diperkirakan, pada bulan Juli atau Agustus nanti barulah orang nomor satu di Sampang itu bisa disuntik Vaksin Covid-19. “Karena penyintas jadi ditunda, belum bisa saat ini,” jelasnya.

Sementara itu, Dokter spesialis penyakit dalam Ariska Megasari menjelaskan bahwa penyintas Covid tidak perlu pemberian vaksinasi karena di dalam tubuhnya sudah terbentuk kekebalan terhadap spesifik Covid-19.

“Tujuan vaksin untuk meningkatkan kekebalan terhadap Covid, tapi untuk penyintas secara otomatis memang sudah meningkat jadi tidak perlu,” terangnya.

Namun menurutnya, pada beberapa bulan kedepan kekebalan tersebut akan menurun dan saat itulah boleh diberikan Booster dengan vaksinasi.

“Saya tidak dapat memastikan kapan akan turun, namun menurut data beberapa bulan nanti antibodinya akan turun,” pungkasnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *