Sekda Sampang Himbau Pengelola Destinasi Wisata Tingkatkan Prokes Selama Libur Akhir Tahun

Sekda Sampang Himbau Pengelola Destinasi Wisata Tingkatkan Prokes Selama Libur Akhir Tahun
Juliadi Setiawan, Sekretaris Daerah kabupaten Sampang

Menghadapi Libur Nasional Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang menghimbau masyarakat waspada Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan di lokasi usaha wisata.

Himbauan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang Juliadi Setiawan melalui surat edaran nomor : 556/998/434.202/2020 yang ditujukan kepada pengelola Destinasi Wisata, Hotel, Restoran, Rumah Makan, dan Hiburan se-Kabupaten Sampang.

Juliadi Setiawan menyampaikan, saat ini Positivity Rate Covid Nasional masih tinggi dan tingginya mobilitas masyarakat selama liburan baik dalam kegiatan keagamaan, keluarga, dan pariwisata berisiko meningkatkan laju penularan Covid-19.

Oleh sebab itu, Pemerintah Daerah menghimbau untuk melakukan pencegahan dengan meningkatkan penerapan protokol kesehatan di masing-masing wilayah usaha pariwisata sejek 23 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021.

Setiap pengusaha atau pengelola wisata diminta meningkatkan penerapan 3 M yakni, Memakai masker, Menjaga Jarak, Menggunakan Hand Sanitizer dan mencuci tangan serta akan memberikan sanksi bagi yang tidak tertib prokes.

Sementara itu, Kepala Disporabudpar Sampang melalui Endah kasi Destinasi Wisata Disporabudpar mengatakan bahwa sebenarnya pihaknya selama ini belum pernah mencabut surat edaran penutupan lokasi wisata.

“Untuk edaran penutupan tidak pernah dicabut mas, hanya saja pemerintah tidak bisa sepenuhnya mengendalikan masyarakat, mereka juga butuh nafkah,” ungkapnya, Sabtu (26/12/20).

Akan tetapi, demi keselamatan bersama pihaknya tetap mengeluarkan himbauan dan melakukan pengawasan di lapangan selama libur akhir tahun. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *