Percepat Tracking Poltera Terapkan GeNose C19

Percepat Tracking Poltera Terapkan GeNose C19
Satgas Covid-19 Poltera saat menggunakan GeNose C19

Politeknik Negeri Madura (Poltera) Kabupaten Sampang menggunakan GeNose C19 sebagai alat untuk mendeteksi virus varian baru Covid-19 dengan cara menscreening karakteristik pernafasan.

Ini sebagai solusi bagi masyarakat yang merasa tidak nyaman ketika di test dengan menggunakan alat lain yang mengharuskan pengambilan samplenya melalui hidung.

“Karena tidak semua orang suka karena harus memasukkan alat ke dalam hidung, dan itu tidak nyaman, sehingga dari para ilmuan itu, mencari sosuli kira kira ada gak, sehingga diteliti lah karekteristik pernafasan orang yang terkena Covid-19,” ungkap Muhammad Nur selaku Ketua Satgas Covid-19 di Poltera.

Dijelaskan cara kerja alat ini, dengan diminta untuk meniup kantong sekali pakai, kemudian pernafasan yang masuk ke kantong akan dimasukkan ke alat penyearing (Heppa) yang mendeteksi jenis pernafasannya.

“Jadi setelah diaktifkan di analize sama mesinnya maka akan keluar lah 6 warna, Hijau, Kuning, Orange, Merah, Biru, Merah Muda sampai ke Hitam, jadi beberapa yang berada di analize ini membaca karakteristik pernafasan sehingga pada akhirnya muncul angka,” ucapnya.

Dari beberapa warna tersebut dapat membaca karakteristik pernafasan hingga mengeluarkan angka 0.50 sampai 0.60 itu dinyatakan negatif. Adapun 0.60 keatas dinyatakan positif.

“Dari hasil penelitian Profesor ahli kimia bila keluar angka 0.60 keatas dinyatakan positif dan bila keluar angka 0.50 sampai 0.60 itu dinyatakan negatif,” imbuhnya.

Adapun tingkat sensitifnya terhadap karakter udara yang dikeluarkan yaitu 92 hingga 95%. terbukti pula dengan surat edaran Kemenkes direkomendasikan sebagai alat mendeteksi alat covid-19 dikarenakan tingkat efektivitas dan sensefitasnya 92 hingga 95%.

Sedangkan, Lanjutnya, kelebihan dari alat ini pertama lebih nyaman karena tidak sakit dan menakutkan sebab tidak sama seperti ketika dirapid test yang dikeluarkan darahnya dan tanpa disogrok.

Kemudian yang kedua murah sebab harga kantong plastiknya sekitar 20 ribu sampai 25 ribu dan yang terakhir hasilnya lebih cepat keluar sekitar 2-3 menit.

“Itulah kenapa Poltera menggunakan alat geNose c19 ini sebab banyak beberapa keunggulannya,” ujar Muhammad Nur. (Abbaz)

Leave a Reply

Your email address will not be published.