Diskopindag Sampang Minta Target PAD Pasar Dikurangi, Ini Alasannya

Spread the love

salsabilafm.com– Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Sampang akan mengajukan penurunan target retribusi pasar. Alasannya, potensi retribusi tidak sesuai dengan target PAD.

Kepala Diskopindag Sampang Chairijah mengatakan, pihaknya menginginkan agar target PAD pasar diturunkan. Hal ini akan diusulkan pada perubahan anggaran keuangan (PAK) 2024. Sebab, antara target dengan potensinya tidak sesuai.

”Kami akan mengusulkan agar PAD diturunkan menjadi Rp 4,5 miliar dari target semula Rp 6 miliar,” ujarnya, Selasa (9/7/2024).

Perempuan yang akrab disapa Qori itu mengungkapkan, target PAD pasar tahun ini mengacu pada hasil analisis potensi 2023. Tahun lalu pemerintah merevisi peraturan daerah tentang pendapatan dan retribusi daerah. Aturan ini berlaku mulai Januari 2024.

Dalam aturan yang lama, PAD pasar terdiri dari retribusi kios, lapak, hingga parkir. Regulasi yang baru mengubah retribusi parkir pasar tidak lagi dikelola diskopindag karena dialihkan ke dinas perhubungan.

”Kami sudah mencermati antara target dengan potensi, tidak cocok. Makanya perlu ada penyesuaian target,” jelasnya.

Wakil Ketua DPRD Sampang Fauzan Adima menyampaikan, semestinya dinas mencermati potensi dan target PAD sejak Awal Mengingat, analisis potensi PAD dilakukan diskopindag sebelum ditetapkan menjadi target.

Menurutnya, keinginan dinas untuk menurunkan target tersebut perlu dikaji. Jika benar kondisinya tidak sesuai, bisa saja ada penurunan target.

”Bisa saja nanti diturunkan atau tetap, bergantung hasil pembahasan dalam PAK nanti,” pungkasnya. (Mukrim)


Spread the love

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles