Antusias, Peserta Pelatihan Membatik Rela Belajar di Emperen Jalan

22 10 20 belajarbatik
Semangat peserta pelatihan membatik di Sampang melukis batik di emperan jalan. Foto : Fahromi N.

Sebanyak 20 peserta pembinaan dan pelatihan membatik yang dilaksanakan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Kabupaten Sampang semangat dan penuh antusias mengikuti pelatihan.

Hal ini terlihat ketika semua peserta sibuk melukis batik di emperan jalan Jaksa Agung Suprapto, depan Gedung Galeri Batik Salempang Sampang, Rabu (21/10/20). Semua peserta serius seakan tidak peduli hingar bingar kendaraan.

“Karena proses pencoletan ini membutuhkan tempat, kalau dilakukan di dalam ruangan kotornya luar biasa, maka sengaja saya lakukan di pinggir jalan supaya prosesnya kenak angin dan anak-anak bisa bebas setelah beberapa hari di dalam ruangan,” jelas Imron, Owner Batik Salempang Sampang.

Selaku pembina pelatihan, Imron mengungkapkan dibanding tahun 2019, peserta pelatihan di tahun 2020 ini jauh lebih semangat dan antusias. Bahkan menurutnya, 80 % peserta bisa menggambar sendiri meski masih pemula.

“Ada sebanyak 20 peserta dari berbagai Kecamatan di Kab. Sampang mengikuti pelatihan ini, 4 laki-laki dan 16 perempuannya. Semua peserta bebas dari semua kalangan, mereka cukup membawa KTP ke Diskumnaker untuk mendaftar,” terangnya.

Dijelaskan dia, ada beberapa materi yang diberikan dalam pelatihan ini, mulai dari menggambar pola, menyanting, pewarnaan dan pelorotan.

“Selain itu juga ada teori yang diberikan seperti sejarah batik, teknik pewarnaan yang baik, dan teknik lain yang membantu mereka menjadi pembatik profesional,” imbuhnya.

22 10 20belajarbatik2
Peserta pelatihan membatik dengan pola sesuai daerah masing-masing

Semantara itu, Dila (30), peserta dari Kecamatan Sampang mengaku sangat senang dan bersyukur dengan adanya pelatihan ini.

Alhamdulillah bisa mempunyai pengalaman baru, punya motivasi hidup, mendapat ilmu dan kedepannya punya pandangan usaha,” ucapnya.

Kemudian ia berharap, setelah adanya pelatihan ini pemerintah bisa memberikan bantuan modal agar bisa melanjutkan apa yang telah ia peroleh dari pelatihan membatik. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *