HCML Selamatkan Kapal Tradisional yang Alami Kerusakan Mesin di Selat Madura

Spread the love

salsabilafm.com – Husky-CNOOC Madura Limited, perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di sektor hulu minyak dan gas bumi, menyelamatkan sebuah kapal tradisional yang mengalami kerusakan mesin di Selat Madura, Rabu (16/10/2024).

Kapal penumpang tradisional bernama Mila Jawa Indah ini berlayar dari Kabupaten Situbondo menuju Giligenting dengan mengangkut 17 orang dewasa, tiga anak kecil, dan lima kru anak buah kapal. Mesin kapal tersebut mati saat berlayar tidak terlalu jauh dari Lokasi operasi produksi HCML (Lapangan MAC).

“Awalnya, dispatcher menerima telpon dari KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan) Kalianget pada pukul; 20.10 WIB, yang meminta bantuan armada HCML untuk membantu menyisir lokasi kapal tersebut,” kata Manager Regional Office & Relations HCML, Hamim Tohari.

KSOP Kalianget mengnformasikan titik koordinat terakhir Mila Jawa Indah. Tak menunggu lama, Dispatcher menginformasikan kepada Kepala Lapangan MAC untuk meminta izin menggerakan kapal CB Tunas Terafulk untuk membantu penyisiran lokasi Mila Jawa Indah. Radio operator MOPU Prameswari 8 pun menginstruksikan kapal CB. Tunas Terafulk untuk bergerak menuju lokasi.

“Sekitar pukul 21.23 WIB, CB Tunas Terafulk berhasil menemukan kapal Mila Jawa Indah dan menunggu bantuan kapal rescue dari KSOP Kalianget,” kata Hamim.

Pemeriksaan kondisi tubuh dilakukan terhadap 20 orang penumpang dan lima orang kru. “Alhamdulillah, semua dalam kondisi stabil,” kata Hamim.

Penantian kapal penolong ternyata tak semulus yang diharapkan. Pukul 23:26 WIB, Kapal Rescue KNP 043 bergerak dari Kalianget menuju lokasi kapal Mila Indah Jawa. Namun satu jam kemudian, Kamis (17/10/2024) dini hari, KSOP Kalianget menginformasikan, kapal Rescue KNP 043 mengalami kendala mesin.

Awak CB Tunas Terafulk pun memutuskan untuk mencoba mengikat kapal Mila Indah Jawa untuk ditarik ke lokasi pendaratan. “Namun ini juga tak mudah, karena kondisi kapal dan cuaca tidak memungkinkan,” kata Hamim.

Tim KSOP Kalianget berangkat dengan menggunakan perahu pada pukul 01.03 menuju lokasi kapal Mila Jawa Indah. Menjelang subuh, sekitar pukul 03.23 WIB, perahu tim KSOP tiba di lokasi dan menarik kapal Mila Jawa Indah menuju pulau terdekat. CB Tunas Terafulk kembali ke Lokasi lapangan MAC.

“Kami menyampaikan terima kasih atas support dari HCML dan teman-teman kru Tunas Terafulk, sehingga para penumpang dan kru kapal bisa kami evakuasi dengan selamat. Semoga Allah SWT memberikan kesehatan untuk teman-teman semua beserta keluarga,” kata Pemangku Kepentingan Kapal Mila Jawa Indah. (*)


Spread the love

Related Articles

Latest Articles