KPU Jatim Pastikan Distribusi Logistik Pilkada 2024 Tahap Pertama Berjalan Lancar

Spread the love

salsabilafm.com– Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim), memastikan proses pendistribusian logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 untuk tahap pertama, berjalan dengan lancar.

Hal itu diungkap, Anggota Komisioner KPU Jatim Divisi Logistik, Miftahur Rozaq saat hadir di acara pembukaan perakitan kotak suara untuk Pilkada serentak tahun 2024 di Gor Indoor Sampang, Sabtu (5/10/2024).

“Kami mengapresiasi KPU Sampang yang telah melakukan ceremonial pembukaan perakitan kotak suara untuk Pilgub Jawa Timur ataupun Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sampang,” katanya.

Rozaq menjelaskan, untuk logistik tahap pertama merupakan peralatan yang digunakan dalam proses pemungutan suara, terdiri dari lima jenis, yakni kotak suara, bilik suara, kabel ties, segel dan tinta.

“Mudah-mudahan keterbukaan, sinergitas dan koordinasi yang sudah terbangun ini tetap terpelihara dengan baik dari stakeholder maupun tim kampanye Pilkada 2024,” jelasnya.

Rozaq menilai perakitan dan sortir logistik yang diterima oleh KPU Sampang sangatlah penting. Hal itu dilakukan untuk memastikan tidak ada kerusakan dan kekurangan logistik Pilkada 2024 di Sampang. “Kita ingin tidak ada kekurangan dalam segala hal terkait dengan logistik Pilkada serentak tahun 2024,” ucapnya.

Selain itu, saat ini pihaknya juga sedang melakukan rapat koordinasi bersama pihak penyedia surat suara secara zoom yang nantinya akan ditindaklanjuti pertemuan secara langsung di Mapolda Jawa Timur terkait percetakan surat suara.

“Kami mohon dukungan dari setiap steakholder terutama kalangan media sebagai pilar demokrasi yang keempat untuk sama-sama ikut serta dan mendukung lancar dan suksesnya pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024,” ucapnya.

Dia juga akan memastikan gudang logistik yang ada di Sampang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) KPU Jatim. Yaitu, aman dari segala bentuk ancaman seperti, banjir, angin, cuaca ekstrim dan faktor-faktor lain yang bisa mengganggu dan merusak logistik pilkada 2024.

“Sejauh ini, selama kita evaluasi tidak ada permasalahan terkait logistik di Sampang. Teman-teman sudah sesuai dengan ketentuan peraturan yang kami sampaikan di beberapa forum rapat koordinasi KPU Sampang ataupun dengan KPU Kabupaten Kota yang lain,” ujarnya.

Rozaq memastikan, bahwa logistik Pilkada tersebut khususnya kotak suara sudah 95 persen terdistribusi ke gudang gudang logistik KPU Kabupaten Kota di seluruh Jawa Timur.

“TPS kita adalah 60.751 karena ada dua pemilihan (Pilgub Jatim Dan Pilbub/Pilkot) maka maka untuk pengadaan kotak suara dikali dua dan ditambah kotak suara tambahan per kecamatan 2 biji,” pungkasnya. (Mukrim)


Spread the love

Related Articles

Latest Articles