Gelar Deklarasi Kampanye Damai, KPU Sampang Ajak Paslon Jaga Kondusifitas

Spread the love

salsabilafm.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang menggelar deklarasi kampanye damai usai penetapan nomor urut Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Sampang 2024. Deklarasi dilakukan untuk mengajak Paslon menjaga situasi kondusif selama masa kampanye.

“Tahapan kampanye Pilkada 2024 akan berlangsung mulai 25 September hingga 23 November, sebelum pemungutan suara digelar pada 27 November 2024,” kata Ketua KPU Sampang, Aliyanto, Selasa (24/9/2024).

Menurut Aliyanto, deklarasi tersebut menjadi komitmen bersama untuk menjalankan kampanye yang tertib, damai, dan sesuai aturan yang berlaku. Kampanye damai merupakan kunci untuk memastikan pilkada berjalan tanpa hambatan. Sehingga setiap paslon dapat fokus pada penyampaian visi dan misi tanpa adanya konflik atau ketegangan.

“Pesta demokrasi Pilkada dalam konstitusi undang-undang 1945 adalah kedaulatan rakyat. Pilkada bukan milik KPU, Bawaslu, Partai Politik, Paslon, Timses dan pendukung tapi milik rakyat jadi rakyat harus senang,” katanya.

Pihaknya mendorong kampanye oleh kedua Paslon nantinya dilakukan dengan rasa cinta yang berdampak positif. Juga memberikan informasi yang edukatif dan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat Sampang.

“Kami harap deklarasi damai di tahun ini akan menjadi sejarah terciptanya Pilkada damai,” ucapnya.

Diungkapkan, kedua paslon menyatakan kesiapannya untuk menjalankan kampanye secara damai dan menjaga stabilitas daerah selama proses pemilihan.

“Kami harap dengan adanya deklarasi ini, semua pihak dapat menghormati aturan kampanye dan bersama-sama menjaga suasana yang aman dan kondusif,” ungkapnya.

“Kami penyelenggara, tidak bisa by request. Kami bergerak berdasarkan perundang-undangan dalam melangkah dan menjalankan tahapan pelaksanaan tahapan-tahapan Pilkada 2024,” tegasnya. (Mukrim)


Spread the love

Related Articles

Latest Articles