Lewat Delevery Order, Polres Sampang Tingkatkan Layanan SKCK Dengan Gandeng Opang

post 1
Sesi foto bersama Kapolres Sampang bersama Mitranya pasca kegiatan. Foto: Ahmad Bashori

Dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Kepolisian Resort (Polres) Sampang menggelar Launching Inovasi Pelayanan Publik di Aula Sanika Satyawada Mapolres setempat, Selasa (29/9/2020).

Untuk mewujudkan upaya tersebut, Polres Sampang bekerjasama dengan Ojek Online Sampang (Opang), Kantor Kementrian Agama, dan Dinas Kependudukan dan  pencatatan  sipil (Dispenducapil) setempat.

Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz menjelaskan acara tersebut merupakan Launching terkait peningkatan pelayanan publik terutama berkaitan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Jadi kegiatan tersebut terkandung maksud adalah kita melakukan upaya-upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang lebih masuk kedalam secara humanis,” paparnya kepada awak media.

Dengan demikian, masyarakat dapat merasakan kehadiran Polres dan steckholder lainnya.

Disampaikan pula, bahwa dengan peningkatan dua pelayanan ini, terutama SKCK, maka dilakukan kerjasama dengan Dispendukcapil dan Opang untuk melakukan kegiatan pelayanan yang masuk langsung ke sistem, dalam tiga hal.

Pertama, dilakukan secara statis, dimana masyarakat mendapat pelayanan di Kantor Polres setempat. Selanjutnya, pelayanan melalui delivery order dengan bekerjasama dengan opang.

“Kemudian yang ketiga kita bekerjasama dengan Dispendukcapil itu melakukan kegiatan Mobile yang langsung mendatangi ke desa-desa, masuk kewilayah mereka masing-masing yang membutuhkan”ucapnya

Untuk pengurusan SKCK yang statis di Polres dan Dispendukcapil hanya cukup membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), kemudian ongkos kirim untuk delivery order melalui Opang.

Sementara itu Kurnawihadi,  ketua Opang menyatakan Ojek Online yang telah berdiri sekitar dua tahun ini, sudah diketahui oleh Pemkab Sampang, dengan anggota sekitar 55 orang, dan rata -rata drivernya dari honorer guru. (BZ) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *