Khitanan Massal Gratis, LKNU Kedungdung Bantu Puluhan Anak Tak Mampu

Khitanan Massal Gratis, LKNU Kedungdung Bantu Puluhan Anak Tak Mampu
Petugas kesehatan saat melakukan proses khitan terhadap salah satu anak. (Foto: Fahromi Nashihuddin)

Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang bersama Banser dan Lazisnu setempat mengadakan program sosial berupa Khitanan Massal Gratis.

Kegiatan dilaksanakan di Kantor MWCNU Kedungdung, Kamis (25/8/2022). Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam, Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke- 77, dan menyongsong satu abad Nahdlatul Ulama.

Ketua LKNU Kecamatan Kedungdung, Zahruddin menyampaikan bahwa sasaran kegiatan ini adalah anak-anak kurang mampu dan anak yatim yang ada di wilayah Kecamatan Kedungdung. Total sebanyak 52 anak yang dikhitan dalam kegiatan sosial ini.

Zahruddin menceritakan, awalnya target anak yang akan dikhitan sebanyak 44 anak, disesuaikan dengan angka tahun baru Islam 1444 H. Namun menurutnya, karena banyak pendaftar maka panitia menambah kuota menjadi 50 anak.

“Pada hari pelaksanaan ternyata sampai 52 anak. Beruntung panitia memang menyiapkan obat-obatan lebih dari kuota yang sudah ditentukan, khawatir ada sasaran yang sudah datang tak terdaftar tetapi masuk ke petugas khitan untuk dikhitan,” terangnya.

Sedangkan untuk pelaksana Tenaga Kesehatan (Nakes), pihaknya bekerjasama dengan Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Kedungdung termasuk suplai obat-obatan. Selain itu, panitia juga menyediakan Suvenir berupa sarung bagi anak yang sudah dikhitan.

“Semoga kegiatan ini bisa membatu masyarakat di Kecamatan kedungdung di era paska pandemi ini. Kegiatan ini hasil kerjasama antara LKNU dan Dinas Kesehatan yang kali ini adalah Puskesmas Kedungdung,” imbuhnya.

Zahruddin mengucapkan terima kasih kepada semua Pengurus MWCNU Kedungdung yang sudah membantu suksesnya kegiatan, terutama ketua MWCNU yang sangat mendukung suksesnya kegiatan sosial ini.

“Semoga Kami (LKNU) bisa kembali memberikan layanan khitanan massal gratis ini, karena masih banyak sasaran yang berminat, tetapi tak bisa kita layani karena dana dan tenaga,” pungkasnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.