Hama Padi Mulai Menyerang, Disperta KP Sampang Minta Petani Waspada!

Hama Padi Mulai Menyerang, Disperta KP Sampang Minta Petani Waspada!
Ilustrasi penyemprotan obat hama. (Foto by pixabay.com)

Berdasarkan laporan yang diterima Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Kabupaten Sampang, penyakit Hawar Daun Bakteri (HDB) sudah menyerang tanaman padi petani di wilayah Banyuates dan Camplong.

Kepala Disperta KP Sampang, Suyono membenarkan hal tersebut. Ia meminta petani terus waspada dan mengontrol tanamannya serta segera melapor ke instansinya jika melihat tanda-tanda penyakit tersebut.

“Jika sudah melihat tanda-tanda serangan penyakit HDB, segera melaporkan ke Disperta KP Sampang,” katanya, Selasa (25/1/2022).

Menurutnya, salah satu penyebab munculnya HDB karena pemupukan tanaman yang tidak berimbang dan kondisi cuaca tidak menentu seperti suhu rendah, curah hujan tinggi, dan angin kencang.

“Hama ini bisa menyerang tanaman padi di daerah mana saja, harus segera diatasi karena bisa menyebar dengan cepat dan merusak tanaman,” ujarnya.

Suyono menambahkan, akibat serangan hama, hasil produksi petani akan semakin berkurang. Hal tersebut dapat dicegah dan ditangani dengan melakukan penyemprotan obat khusus.

“Sejauh ini HDB baru menyerang tanaman padi petani di Kecamatan Banyuates dan Camplong. Eman-eman di dinas tersedia obat gratis. Segera lapor, agar bisa se cepatnya kami tangani,” tutupnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.