Dispendukcapil Sampang Edukasi Masyarakat Seputar KK – Salsabila FM

Dispendukcapil Sampang Edukasi Masyarakat Seputar KK - Salsabila FM
Santai, Plt Kepala Dispendukcapil Sampang saat memberikan penjelasan seputar KK

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang Madura menyapa masyarakat dengan menggelar Talk Show seputar “Kartu Keluarga“, Kamis (10/12/20) kemarin.

Talk Show di studio Salsabila Jalan Jaksa Agung Suprapto No 123 Pliyang Sampang ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. Melihat banyaknya pendengar yang turut aktif bergabung.

Plt Kepala Dispendukcapil Sampang, Edi Subinto mengutarakan, Tema seputar Kartu Keluarga (KK) diambil karena banyaknya persoalan KK di tengah masyarakat dan pentingnya KK bagi penduduk.

“Beberapa persoalan yang muncul diantaranya adalah NIK yang tercantum di KK tidak sama dengan e-KTP. Ada juga nama yang tercantum di KK tidak sama dengan e-KTP,” terangnya.

Oleh karena itu, ia mengharap agar masyarakat selalu mengupgrade elemen data Kartu Keluarga dan mencocokkan antara data yang tercantum di KK dan e-KTP.

“Kalau memang tidak sama segera datang ke Capil untuk dilakukan perbaikan, hingga masyarakat tidak lagi kesulitan ketika akan menggunakan dokumen kependudukan untuk kepentingan pelayanan publik yang lain,” tuturnya.

Menurutnya, Kartu Keluarga itu harus selalu diupdate paling lama 5 tahun sekali. Jika tidak diupdate, KK tersebut bisa jadi dinonaktifkan.

“Jika dinonaktifkan, maka dampaknya nanti bisa jadi ketika digunakan untuk membuka rekening bank baru atau membuat kartu BPJS datanya tidak muncul karena kartu keluarganya belum disesuaikan dengan kondisi terbaru,” pungkasnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *