Banjir Kembali Datang, Berikut Penjelasan BPBD Kabupaten Sampang

Banjir Kembali Datang, Berikut Penjelasan BPBD Kabupaten Sampang
Banjir susulan kembali menggenangi kota Sampang Bahari, Selasa (12/1/21)

Sejumlah masyarakat yang awalnya sedang membersihkan lumpur dari dalam dan halaman rumahnya hanya bisa mengelus dada. Sebab banjir kembali datang dan menggenangi kota Sampang.

“Akibat hujan sekarang naik lagi banjirnya, tadi warga sempat membersihkan lumpur sisa banjir semalam, tapi sekarang banjirnya naik lagi,” kata Fatma warga jl. Imam bonjol Selasa,(12/1/2021).

Nenurut data yang dihimpun salsabilafm.com, banjir susulan mulai memasuki permukiman warga sekitar pukul 03.00 Wib hingga mencapai ketinggian 30 hingga 50 Centimeter.

Selain menggenangi perkampungan warga dan jalan-jalan protokol di Kota Sampang, banjir juga menggenangi sejumlah fasilitas umum seperti gedung sekolah, pasar, terminal dan fasilatas umum lainnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang Asroni menjelaskan, kenaikan air kembali terjadi akibat tingginya curah hujan di daerah Pantura.

“Kemarin kita sempat prediksi air surut pada siang hari, tapi pas siang menjelang sore di daerah Utara yaitu, Karang Penang, Robatal, Omben hujan lagi, jadi air yang semula surut kembali bertambah,” ucapnya.

Sedangkan untuk banjir susulan ini, Asroni memprediksi akan surut sekitar pukul 17.00 Wib, Karena menurutnya di jalan Pangilen dan Banyumas air sudah mulai surut.

“Kita berharap daerah utara tidak hujan lagi dan air laut tidak pasang agar tidak ada tambahan air dan sisanya bisa kita sedot dan buang ke sungai menggunakan mesin pompa air,” tuturnya.

Kemudian dia menghimbau supaya masyarakat tetap tenang dan menjaga kesehatan, serta segera melapor bila memerlukan bantuan.

“Jadi kepada semua masyarakat terutama para tokoh dan rekan-rekan media segera mungkin memberikan informasi bila ada masyarakat yg memerlukan bantuan BPBD apapun itu yg berkaitan dengan banjir,” harapnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *